Kamis, 14 April 2016

Info Sehat Alami : Jenis Diabetes yang Paling Banyak Menyerang Manusia Masa Kini

Jakarta, Saat ini diketahui ada beberapa jenis diabetes yang bisa diderita oleh seseorang. Tapi diantara beberapa jenis diabetes ini, tipe mana yang saat ini paling banyak menyerang?

Ada beberapa tipe diabetes yang bisa diderita oleh seseorang, seperti dikutip dari buku 'Diabetes? Siapa Takut!!' karangan Prof Dr dr Sri Hartini KS Kariadi, SpPD-KEMD, yaitu:

1. Diabetes tipe 1
Diabetes tipe 1 atau dikenal juga dengan insulin-dependent diabetes terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi insulin apapun. Diabetes ini biasanya mengenai anak-anak dan remaja, meski bisa juga menyerang orang dewasa.

Tipe ini pankreas tidak bisa produksi insulin sama sekali sehingga harus diberikan dari luar dengan cara disuntikkan. Apabila insulin tidak segera diberikan, penderita dengan cepat bisa tidak sadarkan diri disebut juga dengan koma ketoasidosis atau koma diabetik.

2. Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh mampu memproduksi insulin, tapi tidak berfungsi secara optimal. Bisa juga ketika sel di tubuh tidak bereaksi dengan insulin atau dikenal dengan istilah insulin resistance.

Tanda-tanda dan gejala yang berkembang umumnya lambat sehingga banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa dirinya memiliki diabetes. Orang dengan diabetes tipe ini tidak mutlak memerlukan insulin karena pankreas masih bisa menghasilkan.

3. Diabetes gestational
Diabetes ini terjadi pada ibu hamil dan diperkirakan muncul sekitar 2-5 persen dari seluruh kehamilan. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki kemampuan lebih untuk memproduksi insulin yang cukup dalam memenuhi kebutuhan saat hamil.

Diabetes tipe ini lebih sering terjadi pada perempuan dengan riwayat keluarga diabetes, di atas usia 25 tahun serta memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Meskipun diabetes ini bisa hilang setelah tidak hamil, tapi perempuan ini berisiko lebih tinggi nantinya mengembangkan diabetes tipe 2.

4. Tipe lainnya
Diabetes tipe ini terjadi karena adanya kelainan tertentu, misalnya karena kenaikan hormon tertentu yang kinerjanya berlawanan dengan insulin atau kontra insulin, infeksi atau tumor.

"Yang paling banyak adalah diabetes tipe 2, kalau di kita lebih dari 90 persen diabetes tipe 2, karena yang diabetes tipe 1 banyak yang tidak teridentifikasi. Lalu yang kedua paling banyak tipe 1, lalu tipe gestational diabetes dan yang keempat tipe lainnya," ujar dr Dante H Saksono, SpPD, PhD dari Divisi Metabolik Endokrin, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM saat dihubungi detikHealth dan ditulis Rabu, (29/8/2012).

dr Dante menjelaskan faktor yang bisa membangun diabetes itu ada faktor intrinsik yaitu kode genetik yang terekam mulai dari lahir. Kode ini bisa diswitch on oleh faktor lingkungan atau ekstrinsik, biasanya saat usia lebih dai 40 tahun.

"Untuk faktor gaya hidup proporsi tiap orang beda-beda. Apapun gaya hidupnya, kalau hasil akhirnya obesitas terutama obesitas sentral maka bikin dia lebih besar risiko kena diabetes. Obesitas ini faktor kuat penyebab orang jadi diabetes," ungkapnya.

Lalu bagaimana mengetahui apakah seseorang terkena diabetes atau tidak?

dr Dante menuturkan untuk identifikasinya bisa dengan menggunakan cara konvensional atau tradisional yaitu berdasarkan gejala klasik yang muncul, atau dengan cara yang lebih agresif yaitu melakukan pemeriksaan rutin tiap tahun atau dengan melakukan pola hidup Sehat Alami.

Jika berdasarkan gejala ini yaitu sering haus, sering buang air kecil, banyak makan tapi berat badan menurun dan ditambah dengan lemas. Hal-hal ini disebut dengan gejala klasik.

"Untuk yang agresif dengan pemeriksaan rutin gula darah saat puasa, gula darah 2 jam serta kadar HbA1C, pemeriksaan ini yang jarang dilakukan orang," dr Dante yang juga aktif di PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia).

Dr Dante mengatakan seseorang dikatakan diabetes jika kadar gula darah puasanya lebih dari 126 mg/dl darah, gula darah 2 jam nya lebih dari 200 mg/dl darah serta kadar HbA1C lebih dari sama dengan 6,5.

Umumnya pada awal-awal diabetes tidak menunjukkan gejala apapun sehingga banyak orang yang tidak menyadari kondisi ini. Untuk itu dibutuhkan pemeriksaan secara rutin agar terkontrol dan tidak menimbulkan komplikasi. Selain itu lebih baik untuk teratur pola hidup Sehat Alami untuk meminimalisir terjadinya kondisi tersebut.

Dapatkan herbal Sehat Alami untuk terapi Diabetes secara alami, dengan menghubungi :
Telp/Sms : 0821 2355 9777
Whatsapp : 0856 935 936 95
Pin BB : 5D7BD3BB
Website : Noni Pure | Noni Origin | Noni Concentrate | Testimoni Diabetes | Yang PerluKamu Tahu Tentang Diabetes

0 komentar:

Posting Komentar

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter

Search